Cara Mengatur Keuangan Untuk Generasi Millennials

Generasi millennials cenderung lebih menikmati hidup untuk saat ini saja, tanpa memahami pentingnya mempersiapkan keuangan untuk  masa depan yang lebih baik. Padahal, banyak sekali hal yang perlu diwujudkan di masa depan, seperti rumah, biaya pendidikan anak, dan dana pensiun.

Pengelolaan keuangan yang tepat harus dimulai dari sekarang, agar kehidupan mu di masa yang akan datang akan berdampak baik. Berikut beberapa cara yang bisa di terapkan untuk para millenialls untuk bisa mengelola keuangan dengan lebih baik: 

  1. Tentukan tujuan dan rencana keuangan yang jelas: Hal yang paling utama kamu lakukan adalah tentukan dahulu tujuan finansial yang ingin kamu capai, baik jangka pendek maupun jangka panjang, agar proporsi untuk pengeluaranmu akan tepat. Cara yang bisa kamu lakukan untuk menyusun anggaran keuangan yang tepat adalah dengan menggunakan metode 40-30-20-10 dari gaji yang kamu dapat per bulannya. Kamu bisa membagi 40% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% kamu gunakan untuk cicilan dan hutang. 20% untuk tabungan, investasi, dan memenuhi tujuan finansial lainnya. Terakhir, 10% nya bisa kamu gunakan untuk keperluan sosial.
  1. Hindari hal-hal konsumtif yang berlebihan: Seperti ajakan hangout dari teman-teman yang terlalu sering, apalagi untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Baiknya, sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, periksa dulu kondisi keuanganmu. Jangan sampai berhutang hanya karena tekanan dari sekitar dan ingin mengikuti trend. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi keuangan yang ada di HP mu, untuk memudahkanmu mengevaluasi pengeluaranmu secara rutin.
  1. Mulai berinvestasi: Investasi dianggap sebagai tabungan jangka panjang, karena keuntungannya baru bisa kamu nikmati di kemudian hari. Dengan berinvestasi dari sekarang, akan menjamin kehidupan finansialmu di masa yang akan datang. Sekarang sudah banyak jenis investasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu harus memilih investasi yang tepat sebelum memulainya.

Itulah tips mengelola keuangan untuk para generasi millennials. Meskipun sulit untuk memulai dan terasa berat di awal, nantinya hasil yang kamu dapat akan memudahkanmu di masa depan. Hal yang paling penting adalah niat, konsisten dan disiplin.

Source:

https://www.cermati.com/artikel/cara-mengatur-keuangan-buat-generasi-millennials

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10454

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3631051/4-cara-jitu-generasi-milenial-atur-keuangan