fbpx

Tahukah Anda bahwa Brodo yang merupakan salah satu brand lokal terkemuka di Indonesia didirikan oleh dua insinyur yang punya masalah pribadi dengan sepatu?

Pada 2010, Yukka Harlanda, CEO Brodo, bercerita kepada temannya yaitu Putera Dwi Karunia COO Brodo tentang betapa sulitnya mencari sepatu ukuran 46. Dari obrolan inilah mereka menganalisis masalah yang dihadapi.

Selain itu, mereka juga menemukan fakta bahwa Indonesia memiliki sumber daya material yang bagus dan pengrajin sepatu yang handal. Hanya saja, brand bisnis sepatu lokal yang bisa bersaing distandar internasional belum ada di Indonesia.

Kegelisahan dan fakta inilah yang kemudian melahirkan Brodo sebagai brand sepatu asli Indonesia yang punya misi untuk membuat sepatu stylish, berkualitas tinggi, tapi dengan harga yang terjangkau.

Hingga saat ini jumlah konsumen Brodo terus meningkat dan gerai offlinenya hampir ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Bahkan dilansir dari Katadata, Brodo yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Dana Ventura Sembrani Nusantara yang dikelola oleh BRI Ventures pada 2021 lalu; telah memulai ekspansi pasar ke Jepang dan menambah kategori sepatu baru, yakni sepatu olahraga.

Cara Brodo Memenangkan Hati Pelanggan

Pertanyannya, bagaimana cara Brodo memenangkan hati pelanggan? Apa saja strategi yang diimplementasikan untuk membuat mereka loyal hingga saat ini? Apa pelajaran yang bisa dipetik untuk diimplementasikan di bisnis Anda? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Mempertahankan Kualitas Produk

Jika membaca sejarah Brodo tadi di atas, Anda bisa menarik kesimpulan bahwa salah satu misi Brodo adalah menghadirkan produk sepatu berkualitas. Cara inilah yang menjadi langkah awal brand lokal ini untuk memenangkan hati pelanggan.

Semurah apapun produk yang ditawarkan, tapi jika tidak diimbangi dengan kualitas, maka akan sulit bagi orang-orang untuk membeli apalagi merekomendasikannya ke teman-teman atau keluarga mereka.

2. Implementasi Customer Service yang Responsif dan Ramah

Sejalan dengan poin pertama mengenai kualitas produk, kualitas Customer Service atau pelayanan pun harus dibikin responsif dan ramah. Anda mungkin pernah berencana berbelanja di satu toko online A, tapi karena kurang responsif menjawab pertanyaan, maka Anda meninggalkan toko online A dan beralih ke toko online B.

Hal ini juga berlaku pada pelayanan Customer Service. Jika Anda tidak dapat memberikan pelayanan yang ramah, maka setiap pembeli yang datang tidak akan pernah melakukan repeat order.

3. Berikan Harga Terjangkau

Bukan rahasia lagi jika sepatu berkualitas tinggi biasanya dibanderol dengan harga yang juga tinggi. Sayangnya, hal ini tidak berlaku di Brodo. Untuk setiap produk sepatu yang ditawarkan selalu dihadirkan dengan kualitas tinggi, tapi dengan harga yang terjangkau.

Hal ini bertujuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mengimplementasikan Brand Consistency sejak awal berdirinya, yakni menghadirkan sepatu stylish dan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

4. Memanfaatkan Platform Digital

Sejak ajang Asian Games 2018 lalu, Brodo mengalami peningkatan jumlah penjualan hingga 5 kali lipat. Hal ini juga yang membawa nama baik brand lokal Indonesia ini di kancah internasional.

Waktu itu, strategi pemasaran yang dilakukan oleh Brodo yakni memanfaatkan berbagai platform di dunia digital, mulai dari situs web, Facebook, dan Instagram. Adapun faktor yang berperan penting dalam optimasi platform digital adalah konten soft-selling. Semuanya diolah oleh Brodo dalam bentuk testimoni, tips, news & trends, serta travel.

5. Menemukan Ideal Buyer

Namun, dari semua hal yang dibahas di awal, menemukan ideal buyer atau target konsumen menjadi satu hal yang tidak boleh dianggap remeh. Hal inilah yang diimplementasikan Brodo sejak awal berdirinya.

Ingat, proses menemukan ideal buyer ini bisa dipraktikkan pula di bisnis Anda melalui teknik buyer persona. Buyer persona sendiri adalah teknik digital marketing untuk mengerti karakteristik calon target konsumen Anda. Indikatornya dapat terdiri dari perilaku, pola pikir, hingga kekhawatiran apa yang ada di pikirannya.

Dengan begini, Anda akan bisa mendapatkan pelanggan dan membuat mereka loyal terhadap brand yang dibangun.

Restock.id Berkolaborasi dengan Brodo

Perlu diketahui bahwa semenjak Desember 2021 kemarin Restock.id menjadi salah satu partner Brodo yang membantu dan menemani brand sepatu lokal ini untuk dapat memenuhi kebutuhan pendanaan produksi.

Di Indonesia, Restock.id jadi P2P Lending pertama yang memudahkan pembiayaan UMKM dengan menggunakan aset dan inventori usaha untuk dijadikan jaminan pembiayaan. Sederhananya, Restock.id menghubungkan bisnis atau UMKM dengan modal fleksibel.

Untuk mencari tahu mengenai hal ini, kunjungi situs Restock.id di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *