fbpx

Akhir tahun telah datang, dan musim liburan serta belanja pun segera tiba. Untuk membuat produk usaha Anda tetap menjadi favorit pelanggan dan tingkat loyalitas pelanggan alias customer loyalty meningkat, ada sejumlah hal yang harus dilakukan.

Loyalitas pelanggan memang sangat penting untuk pertumbuhan sebuah bisnis. Menurut survei di AS, sekitar 82% perusahaan setuju bahwa mempertahankan pelanggan lama lebih murah daripada memperoleh pelanggan baru.

Faktanya, pelanggan setia membelanjakan 67 persen lebih banyak daripada pelanggan yang sesekali melakukan pembelian di sebuah usaha. Itulah sebabnya, fokus pada pelanggan lama menjadi sebuah keharusan, termasuk saat akhir tahun seperti sekarang.

Berikut ini adalah 5 cara jitu untuk membantu Anda meningkatkan loyalitas pelanggan alias customer loyalty:

Prioritaskan Pelanggan

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memprioritaskan pelanggan, bahkan di media sosial sekalipun. Pastikan tempat usaha Anda memperlakukan pelanggan dengan baik dan ramah, baik itu saat melakukan pembelian, melakukan pengembalian, atau saat mereka mengajukan pertanyaan dan komplain di media sosial sekalipun.

Sebab, pelanggan tentunya mengevaluasi setiap interaksi yang dia lakukan dengan tempat usaha Anda, dan membuat penilaian tentang layanan Anda. Penelitian menunjukkan, pelanggan menginginkan pelayanan melalui media sosial dan mereka mengharapkan tanggapan yang cepat.

Berikan Hadiah Kepada Pelanggan Loyal

Pelanggan loyal pastinya lebih sering berbelanja dan menghabiskan uangnya di toko Anda. Sebagai bentuk apresiasi, Anda bisa memberikan hadiah kepada mereka, misalnya dengan potongan harga spesial atau hadiah yang lainnya. 

Hal ini akan memberikan dampak yang positif terhadap bisnis Anda. Sebab, selain mendorong pelanggan loyal kembali melakukan pembelian di tempat Anda, langkah ini juga membuat mereka merasa diperhatikan dan diapresiasi sebagai pelanggan.

Kirim Kartu Ucapan

Berikutnya Anda bisa memberikan kartu ucapan kepada konsumen. Anda bisa memberikan kartu ucapan ini kepada pelanggan yang loyal, atau yang cukup sering melakukan transaksi di tempat Anda. 

Hari raya Natal dan tahun baru bisa menjadi momen yang pas untuk memberikan ucapan yang hangat kepada pelanggan. Melalui ucapan sederhana, pelanggan akan merasa diperhatikan dan dihargai. Tak sekadar ucapan, Anda juga bisa menyelipkan informasi mengenai produk unggulan ataupun keuntungan yang bisa didapat pada akhir tahun ini.

Minta Feedback

Umpan balik alias feedback yang dimaksud di sini adalah berupa saran atau kritik dari pelanggan terkait produk Anda. Untuk mendapatkan feedback dari pelanggan, Anda bisa melakukannya dengan cara survei.

Tidak hanya berfungsi untuk membuat pelanggan merasa dihargai, melalui langkah ini pelanggan juga bisa memberitahu apa yang telah Anda lakukan dan apa yang perlu ditingkatkan. Feedback juga jadi bahan pembelajaran bagi Anda untuk bisa meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan kepada pelanggan ke depannya.

Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Pada akhir tahun, aktivitas belanja kemungkinan akan meningkat. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda harus mempersiapkan layanan, website, media sosial, serta saluran komunikasi yang lainnya untuk pengalaman pelanggan alias customer experience yang lebih baik.

Jangan sampai, aktivitas pelanggan yang tinggi justru terganggu karena ketidaknyamanan mereka saat berbelanja. Anda bisa mempelajari kebiasaan pelanggan Anda. Dengan begitu, Anda bisa memberikan pengalaman belanja yang lebih nyaman kepada pelanggan.

Itu dia 5 cara jitu yang bisa membantu Anda meningkatkan customer loyalty pada akhir tahun ini. Sebagai catatan, jika Anda membutuhkan pembiayaan untuk bisnis Anda beranjak ke level yang berikutnya, Anda bisa mempercayainya kepada Restock.id.

Restock.id sendiri merupakan pioneer P2P lending yang memudahkan pembiayaan bagi UMKM dengan menggunakan aset dan inventori usaha sebagai jaminan, yang dikenal dengan nama Inventory Financing.

Melalui Restock.id, pelaku UMKM yang membutuhkan pembiayaan untuk mengembangkan usaha bisa mendapatkannya dengan mudah dan cepat. Hanya butuh lima hari kerja, setelah melalui seleksi ketat dari tim profesional di Restock.id, pelaku UMKM sudah bisa mendapatkan pembiayaan yang dibutuhkan.

Tarif pembiayaan di Restock.id juga sangat rendah, yakni biaya provisi mulai 2% – 3% dan biaya margin mulai dari 1,25% – 2,5% per bulan* (berdasarkan hasil analisa kredit internal Restock.id), tanpa biaya tersembunyi lainnya.

Hubungan antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan, serta mitra gudang juga saling bersinergi, sehingga bisa membuat perubahan nyata bagi bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *