fbpx

Sebagai pemilik bisnis, menarik konsumen baru tentu menjadi hal penting yang terus dilakukan guna menumbuhkan bisnis. Meski menjadi hal yang amat umum dalam berbisnis, nyatanya menarik konsumen baru bukanlah sesuatu yang mudah.

Sebagian besar bisnis menghadapi banyak tantangan saat ingin menggaet konsumen baru. Namun demikian, jangan khawatir karena ada banyak cara untuk menarik pelanggan baru yang bisa dicoba pada bisnis Anda.

Berikut ini adalah 5 cara mudah menarik konsumen baru, yang bisa bikin omzet bisnis Anda  makin meroket. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

Maksimalkan Promosi di Media Sosial

Saat ini, media sosial menjadi salah satu tempat yang sangat pas untuk melakukan promosi produk. Sebab, banyak orang dari berbagai lapisan dan gender kini menghabiskan waktunya bermain media sosial. 

Buatlah konten-konten yang menarik, yang dapat menjadi sorotan pengguna media sosial. Jangan lupa untuk memasukkan product knowledge dalam konten tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan isu yang ramai untuk membuat konten dan memasarkan produk Anda.

Perbanyak Promo dan Giveaway

Siapa yang tidak senang dengan promo dan giveaway? Bagi Anda pemilik bisnis yang ingin menggaet konsumen baru, memberikan promo dan giveaway adalah suatu langkah yang bisa dilakukan. Bahkan, tak hanya konsumen baru saja, para pelanggan lama juga bisa makin betah dengan produk bisnis Anda dengan cara ini.

Anda juga bisa memanfaatkan waktu-waktu tertentu untuk memberikan promo. Misalnya seperti HUT RI, hari belanja online nasional, Natal dan tahun baru dan lain-lainnya. Anda bisa membuat penawaran seperti ‘beli 2 gratis 1’ atau yang lainnya.

Jangan lupa untuk mencatat penawaran mana yang benar-benar disukai oleh konsumen. Tujuannya adalah sebagai evaluasi dan agar ke depannya Anda bisa membuat penawaran yang lebih baik lagi kepada konsumen.

Kenali Kompetitor

Jangan hanya berfokus pada diri sendiri. Anda juga harus memahami bagaimana kompetitor Anda menjalankan bisnisnya. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka. Dengan mengumpulkan informasi kompetitor, Anda bisa menentukan keputusan yang tepat untuk bisnis Anda nantinya, supaya mampu bersaing atau bahkan menang dari kompetitor.

Terapkan Program Referral

Anda bisa menggaet konsumen baru dengan menerapkan pogram rujukan atau lebih sering disebut program referral. Sebab, dengan program tersebut, pelanggan dapat membawa teman, kolega atau keluarga mereka datang untuk menjadi konsumen Anda. Tawarkan berbagai kelebihan bagi konsumen yang mengikuti program referral ini.

Anda bisa menawarkan program menarik seperti diskon pada pelanggan, jika dia bisa membawa pelanggan baru melalui rujukan alias referral-nya. Jika Anda menyusun program ini secara cerdas, Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali.

Lakukan Inovasi Produk

Hal penting lain yang bisa dilakukan dalam menggaet konsumen baru adalah terus selalu melakukan inovasi produk. Jika produk bisnis Anda tidak mengalami perkembangan, alias gitu-gitu saja, maka pelanggan akan bosan. Jika demikian, bukan tidak mungkin pelanggan Anda nantinya bakal pergi dan beralih mencari produk lain dari kompetitor Anda,

Maka itu, lakukanlah inovasi dan hadirkan produk-produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Varian produk baru dapat memperluas cakupan calon pelanggan Anda. Misalnya, jika biasanya Anda menjual pakaian untuk anak muda, mulailah buat juga untuk kalangan orang tua dan anak-anak. Sehingga, nantinya semakin banyak calon pengunjung yang bergabung.

Jika dalam mencari konsumen dan pelanggan baru, Anda mengalami kesulitan dan memerlukan pembiayaan tambahan, maka jangan khawatir karena Restock.id selalu hadir menjadi solusi bisnis Anda

Restock.id merupakan platform P2P lending yang menawarkan banyak sekali kemudahan pembiayaan bagi pelaku bisnis dan UMKM. Restock.id merupakan P2P lending pertama yang memudahkan pembiayaan UMKM dengan menggunakan aset dan inventori usaha sebagai jaminan, atau dikenal juga dengan sistem Inventory Financing.

Tak cuma itu, proses pembiayaan di Restock.id juga sangat cepat, yakni hanya membutuhkan waktu 5 hari saja, setelah melewati seleksi ketat dari tim profesional. 

Tarif pembiayaan di Restock.id juga rendah; biaya provisi mulai 2%-3%, dan biaya margin mulai dari 1,25%-2,5% per bulan* (*berdasarkan hasil analisa kredit internal Restock.id), tanpa biaya tersembunyi.

Bukan itu saja, di Restock.id hubungan antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan serta mitra gudang saling bersinergi, untuk bisa membuat perubahan nyata bagi bisnis Anda.

Terakhir dan yang tak kalah penting, Restock.id sudah terdaftar, berizin dan diawasi oleh OJK, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keamanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *