fbpx

Digital marketing ternyata tidak hanya bermanfaat untuk membantu memasarkan produk dari bisnis dengan skala menengah ke atas saja, tapi juga bermanfaat untuk UMKM. Digital marketing atau pemasaran digital merupakan cara atau usaha untuk mempromosikan dan memasarkan produk dengan menggunakan media digital. 

Saat ini, digital marketing jadi salah satu hal yang banyak dilakukan oleh para pelaku usaha, baik skala kecil maupun besar untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Internet berperan sangat besar dalam pemasaran produk secara digital ini. UMKM sendiri menjadi salah satu unit bisnis yang merasakan keuntungan besar berkat adanya teknik pemasaran secara digital ini.

Lantas, apa saja manfaat digital marketing yang bisa dirasakan oleh para pelaku bisnis UMKM? Berikut ini ulasannya:

Menjangkau Pasar Lebih Luas

Dengan digital marketing, Anda bisa menjangkau pasar lebih luas lagi, jika dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional. Hal ini lantaran media yang digunakan untuk memasarkan produk berbasis digital. Sehingga, produk yang dipasarkan bisa menjangkau pasar lebih luas lagi, tidak hanya satu daerah tertentu saja, melainkan bisa nasional atau bahkan tembus pasar global.

Meningkatkan Penjualan

Seperti telah disebut, melalui digital marketing sebagai media untuk memasarkan produk, memungkinkan Anda menjangkau calon konsumen yang berada di luar daerah dan tertarget. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas tanpa batasan geografis, tentunya hal ini bisa meningkatkan penjualan.

Memudahkan Analisis Penjualan

Menerapkan digital marketing pada bisnis, dapat memudahkan Anda dalam menganalisa penjualan melalui digital footprint yang ada. Dengan demikian, dapat membantu Anda dalam menentukan perilaku konsumen, kebiasaan konsumen, ketertarikan konsumen terhadap produk yang dijual dan lain sebagainya. Data ini nantinya juga bisa dijadikan pertimbangan untuk mengambil keputusan bisnis dengan tepat, guna meningkatkan performa penjualan.

Memudahkan Interaksi dengan Konsumen

Manfaat menerapkan digital marketing berikutnya bagi UMKM adalah memudahkan interaksi dengan konsumen. Hal ini lantaran Anda dapat terhubung dengan konsumen secara real-time kapan saja, di mana saja. Ini juga bisa menguntungkan pelanggan, karena mereka tidak perlu datang ke lokasi usaha. Dengan adanya interaksi yang baik, maka akan tumbuh keterikatan antara pelaku usaha dengan konsumen, sehingga membuat usaha menjadi lebih baik lagi.

Menekan Biaya Promosi

Melakukan pemasaran secara digital nyatanya memakan biaya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan cara konvensional. Karena pelaku bisnis hanya perlu memasarkan produknya secara online. Dengan pemasaran online, jangkauan pasar lebih luas lagi, sehingga biaya promosi yang dikeluarkan jadi lebih efektif.

Itu dia tadi manfaat digital marketing bagi UMKM. Digital marketing bisa menjadi cara yang jitu untuk UMKM memasarkan produknya dan bertumbuh menjadi lebih besar. Sebagai catatan, jika Anda membutuhkan pembiayaan untuk melakukan digital marketing guna membuat usaha Anda lebih besar lagi, tenang saja karena Restock.id bisa menjadi solusi.

Restock.id merupakan P2P lending pertama yang memudahkan pembiayaan UMKM dengan menggunakan aset dan inventori usaha sebagai jaminan, atau dikenal juga dengan istilah inventory financing. Selain itu, di Restock.id juga sudah bisa membuat pengajuan pembiayaan dengan sistem Invoice Financing. 

Selain kemudahan, Restock.id juga memberikan sederet keutungan lainnya bagi para borrower, seperti:

  • Proses pembiayaan cepat, hanya 5 hari saja setelah melewati seleksi ketat dari tim profesional
  • Tarif pembiayaan rendah, yakni biaya provisi hanya 2% – 3% dan biaya margin mulai dari 1,25% – 2,5% per bulan* (*berdasarkan analisa kredit internal Restock.id), tanpa biaya tersembunyi lainnya
  • Hubungan antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan serta mitra gudang yang saling bersinergi.

Lebih lanjut, hubungan antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan serta mitra gudang saling bersinergi, untuk bisa membuat perubahan nyata bagi bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *