fbpx

Bagi seorang pebisnis atau pelaku UMKM, mengembangkan usaha menjadi lebih besar tentu menjadi impian. Namun untuk mengembangkan usaha, nyatanya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh strategi dan usaha serta ketepatan pengambilan keputusan.

Bagi Anda yang ingin bisnisnya berkembang, ada sejumlah pedoman yang bisa diterapkan. Berikut ini adalah sejumlah langkah yang bisa diambil untuk mengembangkan usaha secara optimal dan menguntungkan.

Meningkatkan Promosi

Agar bisa membuat bisnis semakin maju dan usaha semakin besar, Anda bisa melakukan promosi secara berkala. Saat ini, promosi bisa dilakukan dengan biaya yang murah, karena adanya sosial media. Melalui sosial media, Anda bisa menggenjot promosi bisnis Anda. Promosi yang menarik dan menjangkau berbagai kalangan akan efektif menaikkan konsumen.

Memahami Kompetitor

Memiliki kompetitor dalam berbisnis adalah hal yang wajar. Anda harus bisa mengetahui apa yang dimiliki oleh kompetitor Anda. Apa kekurangan dan kelebihan yang mereka punya hingga bagaimana mereka melakukan promosi dan inovasi. Hal ini dilakukan supaya Anda lebih mudah menentukan strategi pengembangan usaha Anda.

Melakukan Inovasi

Masih berkaitan dengan yang sebelumnya, melakukan inovasi bisa dilakukan dengan memahami kompetitor bisnis. Dengan memahami apa strategi yang diusung oleh kompetitor, Anda bisa menentukan bakal melakukan inovasi lain apa yang berbeda yang bisa ditawarkan kepada konsumen.

Inovasi dibutuhkan supaya membuat konsumen tidak bosan dengan produk Anda yang begitu-begitu saja. Hal ini juga bisa mencegah kaburnya konsumen setia Anda. Tak cuma itu, inovasi juga membuka peluang untuk mendatangkan konsumen baru ke bisnis Anda.

Mengatur Pengelolaan Keuangan dengan Baik

Berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha secara optimal adalah memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Pengelolaan keuangan ini di dalamnya berisi soal kegiatan perusahaan, penggajian karyawan dan lainnya. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, Anda bisa menentukan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis ke level selanjutnya.

Rajin Melakukan Evaluasi

Selanjutnya, strategi pengembangan usaha yang harus Anda lakukan adalah melakukan evaluasi perusahaan secara berkala. Dengan melakukan evaluasi, Anda dapat menilai peningkatan atau penurunan usaha Anda, serta melihat arus dan tren bisnis.

Apabila terjadi penurunan, maka Anda harus mencari strategi baru supaya bisnis tidak kalah saing. Namun jika terjadi peningkatan dan tren yang positif, Anda dapat memaksimalkan kembali hal-hal yang disukai oleh konsumen.

Itu dia tadi sejumlah langkah yang bisa Anda ambil untuk mengembangkan usaha secara optimal. Sebagai catatan, selain cara-cara di atas, langkah lain yang bisa diambil untuk mengembangkan usaha lebih besar lagi adalah memanfaatkan lembaga pembiayaan.

Lembaga pembiayaan terpercaya yang bisa membantu Anda dalam mendapatkan pembiayaan adalah Restock.id. Sudah ada ratusan UMKM yang mendapatkan pembiayaan dari Restock.id untuk kembangkan bisnisnya.

Restock.id merupakan platform P2P lending di Indonesia yang menghubungkan pelaku UMKM yang membutuhkan pembiayaan dengan kumpulan Pemberi Pembiayaan. Restock.id juga jadi pioneer P2P lending yang menerapkan sistem inventory financing, di aset dan inventori usaha bisa dijadikan jaminan.

Berikut beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh Restock.id kepada penerima pembiayaan:

  • Proses pembiayaan yang cepat, hanya membutuhkan waktu 5 hari kerja, setelah melalui seleksi yang ketat dari tim profesional Restock.id
  • Tarif pembiayaan rendah, di mana biaya provisi hanya 2% – 3% dan biaya margin hanya 1,25% – 2,5% per bulan* (berdasarkan hasil analisa kredit internal Restock.id), tanpa biaya tersembunyi
  • Hubungan antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan serta mitra gudang yang bersinergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *