fbpx

Akhir tahun menjadi salah satu momen yang paling sering dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan. Apalagi, ada hari raya Natal dan juga tahun baru, sehingga membuat pelaku usaha berusaha habis-habisan menaikkan penjualan usahanya.

Namun demikian, untuk meningkatkan penjualan pada akhir tahun, tidak bisa sembarangan. Harus ada strategi dan rencana yang disusun guna membidik pundi uang dari kantong konsumen masuk ke rekening bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan usaha Anda pada akhir tahun:

Rencanakan Stok Produk

Untuk menyambut musim libur akhir tahun, Anda mungkin memang harus menjual lebih banyak produk. Guna memenuhi permintaan konsumen, Anda harus mengestimasikan jumlah produk Anda.

Untuk melakukannya, Anda bisa mengecek kembali laporan penjualan tahun lalu, untuk dapat melihat pola pembelian pelanggan. Dengan estimasi stok yang jelas, Anda bisa terhindar dari kekurangan jumlah produk dari permintaan, yang mungkin saja bisa menghambat pemenuhan pesanan pembeli.

Pastikan Kualitas Produk Terjaga

Langkah meningkatkan penjualan yang penting berikutnya adalah komitmen pemilik usaha dalam menjaga kualitas produknya. Jangan sampai ketika permintaan lagi tinggi di akhir tahun, kualitas stok Anda justru sedang tidak bagus. Hal ini tentunya dapat mengecewakan konsumen, yang berakibat pada turunnya penjualan.

Pelajari Kompetitor

Jangan hanya berfokus pada diri sendiri. Anda juga harus memahami bagaimana kompetitor Anda menjalankan bisnisnya. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka. 

Anda bisa mempelajari bagaimana para kompetitor berusaha menjual lebih banyak produknya pada akhir tahun, serta promo apa saja yang diberikan. Dengan mengumpulkan informasi kompetitor, Anda bisa menentukan keputusan yang tepat dalam upaya meningkatkan penjualan pada akhir tahun.

Tingkatkan Promosi via Media Sosial

Berikutnya, Anda bisa meningkatkan penggunaan media sosial sebagai sarana promosi. Anda bisa membuat konten-konten menarik yang berkaitan dengan akhir tahun, seperti Natal, tahun baru atau kaleidoskop. Jangan lupa untuk selalu berikan product knowledge dari produk Anda, supaya warganet aware dengan produk usaha Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberikan informasi tentang promosi menarik apa saja yang ditawarkan pada akhir tahun ini.

Berikan Promo Menarik

Promosi, diskon hingga giveaway selalu menjadi hal yang menarik bagi para konsumen. Pada akhir tahun ini, berikanlah promo spesial yang menarik hati pelanggan untuk berbelanja di tempat Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan promo Buy 1 Get 1, bundling product atau diskon spesial lainnya. Intinya, berikan promo yang menarik hati dan minat pelanggan untuk membeli produk Anda.

Itu dia tadi 5 tips untuk meningkatkan penjualan pada akhir tahun. Sebagai catatan, jika dalam perjalanan bisnis Anda membutuhkan pembiayaan, jangan khawatir karena ada Restock.id sebagai solusinya.

Restock.id merupakan platform P2P lending yang menawarkan banyak sekali kemudahan pembiayaan bagi pelaku bisnis dan UMKM. Restock.id merupakan P2P lending pertama yang memudahkan pembiayaan UMKM dengan menggunakan aset dan inventori usaha sebagai jaminan, atau dikenal juga dengan sistem Inventory Financing.

Tak cuma itu, proses pembiayaan di Restock.id juga sangat cepat, yakni hanya membutuhkan waktu 5 hari saja, setelah melewati seleksi ketat dari tim profesional. 

Tarif pembiayaan di Restock.id juga rendah; biaya provisi mulai 2%-3%, dan biaya margin mulai dari 1,25%-2,5% per bulan* (*berdasarkan hasil analisa kredit internal Restock.id), tanpa biaya tersembunyi.

Bukan itu saja, di Restock.id hubungan antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan serta mitra gudang saling bersinergi, untuk bisa membuat perubahan nyata bagi bisnis Anda.

Terakhir dan yang tak kalah penting, Restock.id sudah terdaftar, berizin dan diawasi oleh OJK, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keamanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *