fbpx

Memiliki produk yang bisa menembus pasar global menjadi impian bagi sebagian besar pelaku bisnis. Dengan produk yang bisa tembus hingga luar negeri, tentu banyak manfaat yang didapat. Mulai dari jangkauan perusahaan yang makin luas, kepercayaan konsumen yang makin meningkat, dan tentu saja sumber profit jadi lebih terdiversifikasi.

Namun demikian, agar produk sebuah bisnis bisa menembus pasar global bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan seperti membalikkan telapak tangan. Butuh sederet persiapan dan  perencanaan yang matang. Sejumlah langkah kecil bisa dilakukan agar produk usaha bisa menembus pasar global. Bagi Anda pelaku bisnis atau UMKM, berikut adalah 5 tips yang bisa dilakukan agar produk usaha Anda menembus pasar global.

Melakukan Riset

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk menembus pasar global adalah melakukan riset. Mulai dari riset negara tujuan untuk menyesuaikan selera konsumen, riset soal informasi ketentuan perdagangan, termasuk mempelajari persyaratan administrasi untuk ekspor.

Memiliki Website

Sebuah bisnis yang memiliki situs atau website akan mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen. Selain itu, dengan website, Anda juga bisa memasarkan produk usaha Anda tak terbatas wilayah. Konsumen yang berada di belahan bumi lain bisa dengan mudah mendapatkan informasi soal produk Anda, yang memperbesar peluang keterjangkauan pasar.

Rajin Mengikuti Pameran

Saat ini banyak pihak yang serius mendukung keberadaan UMKM di Indonesia. Diadakannya sejumlah pameran juga menjadi bentuk nyata dukungan bagi UMKM. Dengan rajin mengikuti event atau pameran bertaraf nasional maupun internasional, bisnis Anda bisa lebih dikenal oleh masyarakat. Dengan demikian, peluang untuk bisnis Anda menembus pasar global jadi lebih terbuka lagi. Sebab, dalam pameran, pengunjung bisa datang dari berbagai lapisan masyarakat, tak menutup kemungkinan juga dari luar negeri.

Memaksimalkan Digital Marketing

Saat ini, melakukan pemasaran sebuah usaha atau produk bisa tak terbatas hanya konvensional saja. Melalui digital marketing, Anda bisa memasarkan produk dengan jangkauan yang lebih luas, sehingga memperbesar peluang produk usaha Anda menembus pasar global. Jika dirasa sulit, Anda bisa memanfaatkan agensi digital marketing yang saat ini sudah banyak bertebaran di mana-mana.

Menjalin Kontak dengan Bisnis Lain

Dalam berbisnis, kompetitor tentu menjadi pesaing Anda. Namun demikian, bukan hal yang dilarang untuk Anda menjalin kontak dan hubungan yang baik dengan sesama pebisnis lain. Apalagi menjalin hubungan baik dengan pengusaha yang masih atau pernah memasarkan produknya ke pasar global. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui seluk-beluk, serta tantangan yang akan dihadapi ke depannya jika ingin memasarkan produk ke pasar internasiona.

Memiliki produk yang digemari masyarakat luas, apalagi hingga tembus ke luar negeri, merupakan impian sebagian besar pengusaha. Namun, banyak hal yang harus disiapkan untuk menghadapi tantangan-tantangan yang akan datang, termasuk menyiapkan finansial perusahaan dengan baik. Sebagai catatan, jika bisnis Anda membutuhkan pembiayaan untuk mengembangkan usaha lebih besar lagi, atau bahkan menembus pasar luar negeri, Anda bisa memilih Restock.id sebagai solusinya.

Restock.id merupakan P2P lending pertama yang memudahkan pembiayaan UMKM dengan menggunakan aset dan inventori usaha sebagai jaminan, atau dikenal juga dengan sistem Inventory Financing. Selain itu, di Restock.id juga sudah bisa membuat pengajuan pembiayaan dengan sistem Invoice Financing. 

Selain kemudahan, Restock.id juga memberikan sederet keutungan lainnya bagi para borrower, seperti:

  • Proses pembiayaan cepat, hanya 5 hari saja setelah melewati seleksi ketat dari tim profesional
  • Tarif pembiayaan rendah, yakni biaya provisi hanya 2% – 3% dan biaya margin mulai dari 1,25% – 2,5% per bulan* (*berdasarkan analisa kredit internal Restock.id), tanpa biaya tersembunyi lainnya
  • Hubungan antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan serta mitra gudang yang saling bersinergi.

Lebih lanjut, hubungan antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan serta mitra gudang saling bersinergi, untuk bisa membuat perubahan nyata bagi bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *