fbpx

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesuksesan sebuah bisnis adalah kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Maka itu, tips meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan dalam bisnis amat lah penting bagi para pelaku usaha.

Meski Anda memiliki produk yang berkualitas bagus atau branding dan promosi yang menarik, namun tanpa diimbangi dengan pelayanan yang baik, tentunya akan membuat konsumen kurang nyaman, atau bahkan bakal pergi dan tidak kembali lagi.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini adalah 7 tips meningkatkan kualitas pelayanan dalam bisnis yang bisa membuat pelanggan betah. Apa saja? Berikut ulasannya.

Bersikap Ramah dan Memiliki Empati

Banyak bisnis kehilangan pelanggannya hanya karena tidak bersikap ramah pada konsumennya. Padahal, sikap ramah merupakan hal kecil yang bisa membuat pelanggan nyaman.

Bukan cuma ramah, memiliki rasa empati juga dibutuhkan agar pelanggan Anda makin nyaman. Sebab, sikap ramah tanpa empati justru akan terasa seperti keramahan yang dibuat-buat. Rasa empati juga dapat membantu Anda memahami konsumen dengan lebih baik.

Pelayanan Cepat dan Tanggap

Sebagian besar pelanggan tentunya ingin mendapatkan pelayanan yang cepat dan tanggap. Tanggap di sini maksudnya adalah apa yang disampaikan harus sesuai dengan maksud dari pelanggan. Jangan sampai pelayanan Anda sangat cepat, tapi tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh pelanggan. Perhatikan betul apa yang pelanggan minta sebelum melayaninya.

Akui Kesalahan

Meski bisnis Anda telah meraih kesuksesan, namun tentunya tidak luput dari yang namanya kesalahan. Pasti ada kesalahan kecil ataupun besar yang membuat pelanggan kurang nyaman dan merasa dirugikan. 

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, jangan sungkan untuk mengakui kesalahan Anda pada pelanggan. Ucapkan permohonan maaf pada pelanggan dan berikan solusi yang tepat, untuk segera mengembalikan kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda.


Menerima Kritik

Mau menerima kritikan dari pelanggan juga menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan kualitas pelayanan bisnis Anda. Tujuan dari menerima kritik tentunya adalah supaya bisnis Anda berkembang maju.

Minta Masukan dari Pelanggan

Terkadang, meski Anda telah melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah konsumen, pelanggan tetap merasa tidak puas. Maka itu mintalah masukan atau feedback dari konsumen Anda.

Dari masukan ini, Anda bisa mengetahui apakah pelayanan bisnis Anda masih memerlukan perbaikan atau sudah baik. Jadikan masukan sebagai bahan evaluasi, sehingga Anda akan terhindar dari permasalahan yang sama di kemudian hari.

Mampu Memberikan Solusi yang Tepat

Saat bertransaksi dengan pelanggan, tak jarang muncul permasalahan-permasalahan yang tak terduga. Ketika mendapat masalah inilah, Anda harus bisa menawarkan solusi yang tepat kepada pelanggan. Sebisa mungkin, solusi yang ditawarkan tidak merugikan Anda maupun pelanggan.

Menyediakan Layanan Komplain

Tidak banyak bisnis yang menyediakan layanan komplain untuk pelanggan. Jika Anda salah satu yang belum menerapkan ini, maka Anda harus segera memulainya. Sebab, layanan ini sangat penting bagi pelanggan yang ingin mengajukan komplain atas produk Anda. Anda bisa mencantumkan nomor untuk layanan ini dan jangan lupa untuk selalu melayani komplain pelanggan dengan baik.

Jadi, itulah 7 cara meningkatkan kualitas layanan untuk bisnis. Anda sebaiknya memperhatikan faktor-faktor tersebut agar kepuasan pelanggan terjaga dan meningkat, sehingga membuat bisnis berjalan lancar.

Sebagai catatan, jika dalam perjalanan bisnis Anda ingin bergerak ke level berikutnya dan membutuhkan pembiayaan, maka Restock.id adalah solusi tepat yang mampu menjawabnya.

Restock.id merupakan P2P lending pertama yang memudahkan pembiayaan UMKM dengan menggunakan aset dan inventori usaha sebagai jaminan, atau dikenal dengan sebutan Inventory Financing. Bukan cuma itu saja, di Restock.id juga sudah bisa membuat pengajuan pembiayaan dengan sistem Invoice Financing.

Selain kemudahan pengajuan pembiayaan, Restock.id juga menawarkan sederet keuntungan lainnya bagi para borrower, seperti:

  • Proses pembiayaan cepat, hanya 5 hari saja setelah melewati seleksi ketat dari tim profesional
  • Tarif pembiayan rendah, yakni biaya provisi hanya 2% – 3% dan biaya margin mulai dari 1,25 % – 2,5 % per bulan* (*berdasarkan analisa kredit internal Restock.id), tanpa biaya tersembunyi lainnya.
  • Hubungan antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan dan mitra gudang saling bersinergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *