fbpx

Memasuki bulan terakhir pada tahun 2022, banyak merek, retail hingga UMKM berlomba-lomba mencari ide promo menarik akhir tahun untuk menarik perhatian konsumen serta meningkatkan keuntungan.

Akhir tahun memang menjadi momen yang pas bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan dan mencari keuntungan lebih. Sebab pada akhir tahun banyak momen yang bisa dimanfaatkan, mulai dari hari raya Natal, musim libur sekolah dan karyawan, serta tahun baru.

Bagi Anda yang sedang mencari ide promosi usaha untuk akhir tahun guna meningkatkan penjualan dan keuntungan, berikut adalah beberapa di antaranya yang bisa jadi referensi:

Adakan Flash Sale

Flash sale bisa menjadi salah satu strategi yang bisa diterapkan saat akhir tahun. Flash sale sendiri merupakan diskon atau promosi yang ditawarkan oleh sebuah toko online dalam waktu terbatas.

Flash sale dinilai jadi salah satu promosi yang efektif karena konsumen bakal terdorong membeli barang, sebab diskon yang dibatasi oleh waktu. Dengan flash sale, konsumen akan memiliki pemikiran agar membeli barang pada saat itu juga, karena diskon akan hilang atau bahkan tidak ada lagi jika membeli di waktu lain.

Anda bisa mengadakan flash sale di waktu-waktu tertentu, misalnya ketika hari Natal atau pada malam tahun baru, di mana minat orang berbelanja sedang meningkat.

Berikan Hadiah kepada Pelanggan Setia

Trik promosi berikutnya yang bisa diterapkan adalah memberikan hadiah kepada pelanggan yang sering berbelanja di toko Anda. Untuk hadiahnya, Anda bisa memberikan potongan harga atau gratis ongkos kirim, atau bisa juga dengan memberikan hadiah gratis yang disertai ucapan melalui gift card.

Cara ini diyakini bisa meningkatkan hubungan dengan pelanggan lama Anda, sebab mereka merasa diperhatikan oleh Anda. Sehingga ke depannya konsumen lama tersebut akan tetap bertahan belanja di toko Anda. Tak cuma itu, jika konsumen lama membagikan kisahnya mendapat afeksi dari toko Anda, bukan tidak mungkin akan ada konsumen baru yang menjadi pelanggan Anda.

Promo Khusus Natal dan Tahun Baru

Untuk meningkatkan keuntungan pada akhir tahun, buatlah promosi khusus bertema Natal dan tahun baru. Agar promo ini kian menarik perhatian pelanggan, lihatlah tren yang sedang populer dan relevan saat ini. Promo ini menjadi salah satu cara yang bagus untuk menghabiskan stok produk, serta meningkatkan keuntungan.

Berikan Hadiah untuk Minimum Pembelanjaan tertentu

Trik promosi berikutnya yang bisa Anda terapkan selama akhir tahun adalah memberikan hadiah kepada pelanggan dengan minimum total belanja tertentu. Misalnya, dengan minimum pembelanjaan Rp150.000, maka pelanggan akan mendapatkan hadiah tertentu, seperti produk gratis atau yang lainnya. Dengan begitu, nantinya pelanggan akan terdorong untuk menghabiskan uang lebih banyak saat berbelanja.

Adakan Giveaway

Ide promo saat akhir tahun berikutnya adalah mengadakan giveaway, yang bisa dilakukan dengan memainkan kegiatan yang interaktif dengan konsumen seperti game atau kuis. Nantinya, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut bisa diberikan hadiah seperti produk gratis, uang tunai atau voucher diskon. Cara yang satu ini cocok untuk menarik target audiens atau followers baru. Cara ini juga bisa membuat bisnis Anda makin dikenal banyak orang. 

Promo Khusus saat Live Shopping

Tips berikutnya yang bisa diterapkan adalah memberikan promo khusus kepada konsumen saat live shopping. Seperti diketahui, saat ini live shopping menjadi salah satu cara yang cukup efektif meningkatkan penjualan toko online. Nah, pada akhir tahun ini, live shopping bisa lebih dimaksimalkan dengan memberikan promo khusus. Anda bisa melakukan live shopping pada hari Natal, atau malam tahun baru guna menarik pelanggan lebih banyak.

Promo yang menarik dan terbatas, serta cara berjualan yang interaktif diyakini membuat live shopping menjadi salah satu cara efektif dalam meningkatkan penjualan. Pastikan Anda memilih produk yang sesuai dan banyak diminati oleh pelanggan, sehingga hasilnya maksimal. Pastikan juga Anda memilih host live shopping yang punya kemampuan komunikasi yang baik.

Tawarkan Paket Bundling

Paket bundling bisa menjadi penawaran yang menarik bagi pelanggan, sebab mereka akan mendapatkan lebih dari satu barang dengan satu harga yang ditawarkan. Paket bundling bisa memasangkan antara produk best seller dengan produk yang sepi peminat. Selain itu, juga bisa menggabungkan barang yang sifatnya saling melengkapi alias barang komplementer.

Berikan Cashback

Promo uang kembali alias cashback menjadi salah satu promosi yang juga bisa menarik perhatian konsumen. Dengan cashback, konsumen merasa sedikit diuntungkan karena ada besaran uang yang mereka terima kembali dari pembelian yang dilakukan.

Anda bisa memberikan penawaran bagi pelanggan yang belanja Rp250.000, akan mendapatkan cashback uang tunai sebesar Rp50.000. Selain itu, Anda juga bisa memberikan cashback berupa poin atau koin yang dapat digunakan kembali oleh pelanggan untuk berbelanja.

Trik ini juga bisa membuat konsumen mau menghabiskan cashback-nya untuk membeli item lain di waktu yang berbeda.

Itu dia delapan strategi promosi yang bisa diterapkan pada akhir tahun ini. Dengan strategi tersebut, diharapkan dapat membawa usaha lebih baik lagi di tahun mendatang. Sebagai catatan, apabila dalam perjalanan bisnis Anda membutuhkan pembiayaan untuk mengembangkan usaha, tak perlu khawatir. Anda bisa memilih Restock.id sebagai solusinya.

Restock.id siap membersamai perjalanan bisnis Anda menjadi lebih besar dan bergerak ke level selanjutnya. Restock.id merupakan P2P lending yang memudahkan pembiayaan bagi UMKM dengan menggunakan aset dan inventori usaha sebagai jaminan, yang mana ini dikenal sebagai sistem Inventory Financing.

Lewat Restock.id, pelaku UMKM yang membutuhkan pembiayaan untuk mengembangkan usahanya bisa mendapatkan dengan mudah dan cepat. Hanya butuh lima hari kerja, setelah melalui seleksi ketat dari tim profesional di Restock.id, pelaku UMKM sudah bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan guna mengembangkan usahanya.

Tarif pembiayaan di Restock.id juga sangat rendah, yakni 2% – 3% saja untuk biaya provisi, serta biaya margin yang hanya 1,25% – 2,5% per bulan* (berdasarkan hasil analisis kredit internal Restock.id), tanpa biaya tersembunyi lainnya. Tak cuma itu, hubungan antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan serta mitra gudang juga saling bersinergi, sehingga bisa membuat perubahan nyata bagi bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *