fbpx

Bisnis kuliner salad buah dengan harga terjangkau tengah digandrungi oleh pelaku UMKM. Jenis makanan ini mudah dimodifikasi sehingga dapat dengan cepat disesuaikan dengan tren pasar. Salah satu merk salad buah yang tengah populer belakangan adalah Neynis Food, UMKM milik kakak beradik asal Medan ini tengah menjadi bahan perbincangan netizen di berbagai platform media sosial lantaran review kontroversial mereka terhadap produk salad buah milik kompetitor. Hingga muncul isu protes dari mitra mereka tentang kualitas franchise yang mereka miliki. 

Belajar dari kasus tersebut, sebagai pelaku bisnis di bidang kuliner Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar kasus sejenis tidak menimpa bisnis yang sedang Anda jalani.

Jangan terburu-buru membuka franchise

Kesempatan membuka peluang franchise untuk bisnis Anda memang menggiurkan. Selain Anda mendapat keuntungan cepat, sistem franchise juga dapat membantu menambah exposure bisnis yang Anda miliki karena sifatnya lebih sporadis dibandingkan jika Anda berbisnis mandiri. Tapi sistem franchise memiliki resiko yang besar pula jika Anda tidak dapat mengelola mitra dengan baik. Resiko penurunan kualitas produk juga harus menjadi prioritas pertimbangan. Maka dari itu Anda wajib membuat sistem franchise berkualitas yang tidak memiliki potensi merugikan pihak manapun termasuk bisnis Anda sendiri.


Perhatikan citra bisnis di media sosial

Menjalankan bisnis di era digital berarti harus memiliki kemampuan analisis dan berhati-hati dalam membangun citra bisnis yang Anda bangun. Citra bisnis Anda di media sosial dapat menjadi dua mata pisau dengan resiko negatif maupun dampak positif. History di media sosial akan memberikan efek domino pada bisnis Anda, sehingga setiap aktivitas online harus sudah melalui pertimbangan matang dan tidak dilakukan secara impulsif tanpa mengetahui dampak yang akan terjadi. 

Buat peluang kolaborasi bersama kompetitor

Dalam berbagai bidang bisnis, pasti akan selalu ada persaingan. Namun persaingan tersebut justru dapat dijadikan sebagai peluang sehingga persaingan akan sehat dan tidak merugikan pihak manapun. Berkolaborasi dengan kompetitor dapat dijadikan pilihan, kesempatan ini juga dapat dilakukan sebagai inovasi dalam membuat produk baru. Selain itu, kolaborasi yang dilakukan dapat memberikan dampak kenaikan exposure yang didapat dari masing-masing audiences dan konsumen. 

Tinjau kualitas bisnis secara berkala

Citra digital memang penting, tapi jangan lupakan kualitas bisnis yang Anda jalankan. Kualitas produk perlu tetap diperhatikan, apalagi jika Anda menjalankan bisnis kuliner Anda harus memastikan semua kualitas terjaga dengan baik secara konsisten agar tidak memberikan dampak kerugian baik ringan maupun berat. Konsistensi wajib dijaga dan dipertahankan.

Untuk memulai bisnis kuliner yang Anda impikan atau Anda tengah menjaga kualitas dan konsistensi bisnis yang tengah Anda jalankan sekarang, dukungan modal tentu saja dibutuhkan untuk memperkuat usaha Anda. Restock.id dapat membantu Anda menganalisis kebutuhan biaya bisnis Anda secara transparan untuk menghindari resiko gagal bayar ataupun kebangkrutan. Proses pembiayaan di Restock.id sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 5 hari. Diawasi oleh tim profesional di bawah naungan instansi keuangan terpercaya. Pelajari lebih lanjut di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *