fbpx

Hari ini bisnis kolektif menjadi bisnis yang seksi untuk banyak kalangan wirausaha muda. Bisnis kolektif dapat melibatkan berbagai macam industri dari mulai fashion, karya seni, musik, hingga kuliner. Tidak sedikit pelaku usaha di kota-kota besar memanfaatkan situasi ini untuk memulai bisnis properti hingga ritel anti ribet. Penasaran seperti apa bisnis kolektif itu? Simak penjelasannya!

Menyewakan ruang bagi pengusaha

Berbisnis properti tidak melulu harus ribet, karena sekarang Anda dapat memanfaatkan lahan terbatas untuk dijadikan ‘toko bersama’ bagi banyak pengusaha. Ada banyak pengusaha yang baru memulai bisnis dan memiliki modal minim namun membutuhkan tempat untuk menjual produk mereka secara offline. Tidak perlu besar, yang penting dari ruang usaha untuk Anda sewakan adalah lokasi yang strategis dan memiliki akses baik.

Anda dapat membagi ruang usaha untuk disewakan untuk berbagai macam bisnis mulai dari fashion, musik, kegiatan hobi hingga kuliner sehingga tempat tersebut menjadi one stop place untuk para pelanggan yang mencari berbagai macam hal untuk dibeli sekaligus. Jika Anda butuh inspirasi, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat sejenis seperti The Hallway Space di Bandung, M-Bloc di Jakarta atau JNM-Bloc di Yogyakarta.

Pujasera yang dikemas secara modern dan unik

Hari ini bisnis kuliner semakin ramai dan bervariasi. Kondisi ini dapat Anda manfaatkan sebagai peluang memulai bisnis kolektif. Salah satunya menjadi kurator para pelaku bisnis kuliner dan menjualnya secara bersamaan. Bisnis ini sudah dilakukan oleh Gofood dan Grabfood dengan sebutan Dapur Bersama.

Anda bisa memilih produk-produk kuliner yang memiliki karakter unik lalu membuat pujasera dengan konsep modern dan berbeda dari pujasera kebanyakan. Manfaatkan seniman lokal untuk membawa awareness bagi para pelanggan.

Co-working space dengan segmentasi spesifik

Jika tren co-working space semakin berkembang, Anda bisa memulai bisnis ini dengan membuat konsep co-working space yang memiliki target pasar spesifik. Contohnya, Anda dapat membuat co-working space yang diperuntukkan bagi para ibu bekerja namun harus membawa anak-anaknya. Co-working space yang Anda buat haruslah kids friendly dan memiliki fasilitas yang dapat mendukung aktivitas para ibu bekerja. Dan masih banyak lagi ide co-working space yang memiliki segmentasi spesifik.


Untuk memulai bisnis, Anda pasti membutuhkan sokongan dana untuk mengawali bisnis yang memiliki peluang besar ini. Restock.id dapat membantu memfasilitasi Anda dengan memberikan tambahan biaya dengan perhitungan yang rasional tanpa biaya tersembunyi. Proses pembiayaan di Restock.id sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 5 hari. Diawasi oleh tim profesional di bawah naungan instansi keuangan terpercaya. Pelajari lebih lanjut di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *