fbpx

Sistem Pembiayaan Penyediaan Barang atau dikenal juga dengan nama Inventory Financing bisa menjadi salah satu solusi bagi pelaku bisnis dan UMKM guna mendapatkan pembiayaan uang tunai yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha.

Seperti diketahui, dalam menjalankan suatu bisnis, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa akan terjadi yang namanya pasang-surut kondisi, termasuk kondisi keuangan. Saat kondisi keuangan sedang tidak bagus, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah mengajukan pembiayaan. 

Namun demikian, bagi beberapa pelaku usaha, bukan hal mudah untuk bisa mengajukan pembiayaan karena beberapa hal. Nah, bagi pelaku usaha yang kerap kesulitan untuk mendapatkan pembiayaan ke lembaga seperti bank, Inventory Financing bisa menjadi solusinya.

Sistem Inventory Financing adalah jalur kredit bergulir atau pembiayaan jangka pendek yang diterima oleh pelaku bisnis atau UMKM dengan menjaminkan aset usaha. Dengan demikian, pembiayaan yang didapat dengan menjaminkan aset tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan usaha.

Sebagai salah satu sistem pinjaman jangka pendek, Inventory Financing memiliki sejumlah keunggulan. Apa saja keunggulannya? Simak ulasan berikut ini, yuk!

Cocok untuk Pelaku Usaha Kecil dan Menengah

Keunggulan pertama dari Inventory Financing adalah, sistem ini cocok digunakan untuk para pebisnis kecil hingga menengah, terutama mereka yang memiliki banyak stok. 

Karena biasanya, pelaku bisnis kecil hingga menengah tidak memiliki aset yang tersedia untuk mendapatkan pembiayaan berukuran institusional, seperti yang dapat diakses oleh perusahaan-perusahaan besar.

Selain itu, pelaku usaha kecil hingga menengah yang mungkin memiliki banyak inventaris di gudangnya, akan kesulitan saat ingin mengajukan pinjaman konvensional ke bank. Dengan demikian, Inventory Financing sangat cocok bagi pelaku usaha kecil dan menengah, karena hanya membutuhkan aset ataupun inventaris perusahaan untuk mendapatkan pembiayaan dengan mudah.

Namun demikian, bukan berarti sistem ini hanya cocok digunakan untuk usaha kecil dan menengah saja, lho ya. Bagi pebisnis besar, sistem ini juga dengan mudah dapat dijadikan opsi saat ingin mendapatkan pembiayaan dana usaha.

Membantu Mencapai Tingkat Penjualan Lebih Tinggi

Mampu mengakses kredit memungkinkan suatu bisnis atau UMKM dapat menjual lebih banyak produk kepada konsumen mereka, karena ada dana yang bisa diputar untuk mengembangkan usaha.

Sebaliknya, tanpa pembiayaan, pemilik bisnis mungkin perlu mengandalkan sumber pendapatan atau aset pribadi mereka, agar usahanya bisa terus berjalan. Maka itu, Inventory Financing sangat bisa membantu pelaku usaha untuk mencapai tingkat penjualan yang lebih tinggi lagi.

Kemudahan Pengajuan Pembiayaan

Selanjutnya yang jadi keunggulan sistem Pembiayaan Penyediaan Barang adalah kemudahan persyaratan pengajuan pembiayaan. Bisnis tidak perlu memenuhi syarat yang menyulitkan seperti yang disyaratkan oleh lembaga pinjaman konvensional.

Bahkan, sebagian besar pemberi biaya hanya mengharuskan perusahaan untuk berdiri dan berjalan selama minimal enam bulan hingga satu tahun untuk bisa memenuhi syarat. Hal ini memungkinkan pemilik bisnis baru untuk mendapatkan pembiayaan dengan cepat.

Selain itu, melalui platform financial technology (fintech) yang ada saat ini semakin memudahkan pelaku UMKM untuk mendapatkan kredit usaha. Mereka hanya perlu registrasi, mengisi data diri dan perusahaan, serta melewati proses seleksi yang cukup singkat untuk bisa mendapatkan pinjaman dana.

Kemudian, hanya perlu waktu beberapa hari saja, pelaku bisnis atau UMKM sudah bisa mendapatkan pembiayaan dana yang mereka butuhkan untuk mengembangkan usaha mereka.

Jika Anda memiliki bisnis atau UMKM dan membutuhkan pinjaman dana guna mengembangkan usaha, bisa menjadikan Restock.id sebagai pilihan utama. Karena Restock.id merupakan platform P2P lending yang terpercaya, berizin, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Apalagi bagi Anda pelaku bisnis kecil hingga menengah, Restock.id adalah jawaban yang tepat saat ingin mengajukan pinjaman dana melalui sistem Inventory Financing. Dengan menjadikan aset atau inventaris usaha sebagai jaminan, maka Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman yang bisa membuat bisnis Anda bergerak ke tingkat selanjutnya.

Proses pembiayaan di Restock.id sangat cepat, yakni hanya membutuhkan waktu 5 hari saja, setelah melewati seleksi ketat dari tim profesional. Biaya pembiayaan di Restock.id juga rendah mulai dari 1.25 persen hingga 3 persen per bulan tanpa biaya tersembunyi.

Lebih lanjut, hubungan antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan serta mitra gudang saling bersinergi, untuk bisa membuat perubahan nyata bagi bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *