fbpx

Ketika menjalankan sebuah bisnis produk, bukan rahasia lagi jika masalah yang sering muncul adalah bagaimana menyimpan produk dengan baik agar kualitasnya tetap terjaga dan tidak menurun sering waktu.

Solusinya tentu adalah menyiapkan ruang khusus atau gudang untuk menyimpan stok produk atau barang. Sederhananya, gudang adalah salah satu bagian terpenting dalam Supply Chain Management yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan.

Mengingat pentingnya gudang, beberapa bisnis yang sudah besar bahkan menerapkan Warehouse Management System dalam bisnisnya yang dikelola oleh partner pergudangan. Sistem manajemen pergudangan ini akan membantu Anda mengelola barang masuk dan keluar secara cepat dan pencatatan yang tepat.

Tapi, apakah hanya itu  manfaat dari gudang? Lalu, kapan sebenarnya Anda memerlukan partner pergudangan? Untuk memahami hal ini, simak informasi berikut secara lengkap!

Manfaat Gudang untuk Bisnis

Ada beberapa manfaat gudang yang bisa Anda rasakan dalam berbisnis, khususnya bisnis produk. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini!

  1. Kualitas dan Kuantitas Produk Lebih Terjaga

Manfaat pertama dari gudang adalah untuk menjaga kualitas produk yang Anda miliki. Bayangkan ketika Anda hanya menumpuknya di sembarang tempat tanpa punya area khusus untuk menyimpan produk tersebut. Besar kemungkinan produk akan rusak, entah di makan rayap atau berjamur.

Adanya gudang memudahkan Anda dalam mengontrol kualitas dan mengecek kuantitas produk secara berkala demi memastikan bisnis berjalan lancar.

  1. Keamanan dan Keberadaan Barang Lebih Terjamin

Anda tentu sudah paham bahwa memastikan kualitas dan kuantitas produk adalah hal yang utama. Faktanya, hal ini tidak akan berlaku jika kemananan barang tidak terjamin. Hadirnya sistem pengelolaan gudang yang baik akan membantu Anda mengatur lalu lintas logistik dan bahan baku.

  1. Memastikan Pengecekan Barang

Selain kualitas dan keamanan produk, ternyata setiap produk yang dipasarkan harus dipastikan kondisinya, apakah mengalami kecatatan, tidak layak jual, atau ada kesalahan produksi.

Manfaat gudang dan sistem yang dimiliki akan membantu Anda untuk melakukan pengecekan setiap produk sebelum masuk gudang dan sebelum keluar untuk dipasarkan. Hal ini mungkin tampak sepele, tapi tanpa adanya sistem yang pasti, maka Anda pun akan kesulitan.

  1. Informasi Bisnis Lebih Akurat

Ketika Anda menyatukan seluruh produk yang ada di dalam satu gudang, maka seluruh data yang Anda punya terkait bisnis jauh lebih akurat. Pasalnya, informasi seperti stok produk, data pembelian, dan data penjualan berada di dalam sistem pergudangan.

Setiap pebisnis pun perlu mengetahui data penjualan periode sebelumnya, data penjualan terkini, dan prediksi penjualan periode berikutnya. Dengan demikian, Anda bakal punya strategi marketing yang tepat untuk mencapai prediksi atau target penjualan di periode berikutnya.

Kapan Anda Butuh Partner Pergudangan?

Hal ini mungkin jadi pertanyaan banyak pebisnis dengan kapasitas bisnis yang besar, “Kapan saya butuh partner pergudangan?”

Perlu dipahami bahwa saat bisnis semakin berkembang, ada banyak hal yang akan memakan banyak waktu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan, di antaranya:

  • Stok produk yang semakin banyak jumlahnya
  • Kewalahan dalam proses pengiriman pesanan
  • Kapasitas gudang yang sudah tidak memadai kapasitas produksi

Demi menyelesaikan semua masalah tersebut, Anda bisa mulai mencari partner pergudangan yang tepat.

Demikian informasi terkait pergudangan; manfaat apa yang bisa Anda dapatkan dan kapan Anda membutuhkan partner pergudangan. Jika dalam perjalanannya bisnis Anda memerlukan bantuan pembiayaan untuk mengembangkan usaha dan bisnis Anda sudah punya aset dan inventori usaha, tidak ada salahnya untuk mengajukan pembiayaan di Restock.id.

Hingga saat ini Restock.id berkomitmen untuk ikut mengembangkan industri lewat pembiayaan yang efisien, dengan membangun ekosistem terpercaya antara Pemberi Pembiayaan, Penerima Pembiayaan, serta mitra Restock.id yaitu para penyedia teknologi dan pusat pergudangan di seluruh Indonesia.

Kesimpulannya, selain menerima pembiayaan dari Restock.id, Anda pun bisa terhubung Supply Chain Management atau para partner pergudangan di seluruh Indonesia. Sangat menguntungkan ‘kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *