fbpx

Seiring berjalannya waktu, ada banyak ide bisnis menjanjikan yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar. Jika Anda sudah memiliki bisnis fashion saat ini, tidak ada salahnya mempertimbangkan bisnis konveksi untuk direncanakan tahun depan.

Berbeda dengan bisnis fashion B2C, bisnis konveksi memiliki potensi keuntungan besar jika dijadikan sebagai bisnis fashion B2B. Anda memiliki peluang untuk menjadi supplier produk fashion untuk banyak brand fashion di wilayah Anda. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah kualitas produk yang dapat Anda hasilkan. Penasaran apa saja faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis konveksi dan apa saja keuntungannya jika Anda segera memulai bisnis ini? Simak tips dan trik di bawah ini ya.

Pahami industri dan kenali resikonya

Bisnis konveksi memang terdengar menjanjikan, tapi Anda tetap perlu waspada dan memahami resiko yang dapat terjadi. Memulai bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar tergantung skala kebutuhan dan rencana produksi Anda. Jika sudah memiliki modal sesuai, supplier material yang cocok, lokasi strategis, beserta perencaan keuangan dan manajemen yang ideal, barulah Anda bisa segera memulai bisnis ini.

Pastikan Anda memiliki semua izin dan lisensi yang diperlukan untuk menjalankan bisnis konveksi di wilayah Anda. Ini mungkin melibatkan izin usaha, izin lingkungan, dan persyaratan lain yang ditetapkan oleh otoritas setempat. Jika ada satu variabel bisnis yang terlewat, tentunya ada resiko menanti di depan. Sehingga Anda perlu melakukan riset yang mendalam, mulai dari riset produksi hingga riset pasar.

Tentukan target pasar

Anda harus menentukan pasar yang akan menjadi target bisnis konveksi Anda sehingga Anda dapat membangun tim produksi yang solid dan expert di bidangnya. Selain itu, perencanaan Anda terhadap proses produksi akan lebih fokus karena sudah memahami kebutuhan pasar yang telah ditentukan. Identifikasi potensi pelanggan, pesaing, dan segmen pasar yang akan Anda targetkan. Ini akan membantu Anda merencanakan strategi bisnis yang tepat.

Perhatikan peluang dalam bisnis

Jika biasanya bisnis konveksi adalah membuat pesanan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan konsumen, sekarang Anda dapat memanfaatkan peluang yang lebih fleksibel yaitu menawarkan unit bisnis lain selain produksi, salah satunya ada jasa desain produk dan perencaan produksinya. Anda dapat menawarkan produk yang unik atau khusus pada brand tertentu. Jalin kerja sama dengan desainer untuk mengembangkan desain yang menarik dan sesuai dengan tren pasar.Untuk memulai dan mengembangkan bisnis konveksi yang Anda impikan, atau Anda tengah menjaga kualitas dan konsistensi bisnis yang tengah Anda jalankan sekarang, dukungan modal tentu saja dibutuhkan untuk memperkuat usaha Anda. Restock.id dapat membantu Anda menganalisis kebutuhan biaya bisnis Anda secara transparan untuk menghindari resiko gagal bayar ataupun kebangkrutan. Proses pembiayaan di Restock.id sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 5 hari. Diawasi oleh tim profesional di bawah naungan instansi keuangan terpercaya. Pelajari lebih lanjut di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *