fbpx

Dalam menjalankan usaha, keterbatasan modal kerap kali menjadi rintangan yang menghambat bisnis yang dijalankan. Tak jarang, keterbatasan modal usaha bisa membuat bisnis yang dijalankan stagnan atau bahkan sedikit merosot.

Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa solusi jitu yang bisa mengatasi keterbatasan modal usaha Anda. Tak perlu berlama-lama lagi, simak yuk beberapa tips berikut ini!

Mencari Investor

Solusi pertama yang bisa membantu mengatasi keterbatasan modal usaha dalam menjalankan bisnis Anda adalah mencari investor. Ya, investor dapat membantu Anda yang tengah mengalami keterbatasan modal usaha. Suntikan dana dari investor tentunya dapat membuat bisnis Anda berjalan lancar.

Namun begitu, bukan hal yang mudah untuk mencari investor yang mau menanamkan uangnya pada bisnis yang Anda jalankan. Perlu beberapa langkah dan kesesuaian visi antara investor dengan bisnis Anda.

Mengajukan Proposal Usaha

Masih berkaitan dengan yang di atas, dalam mengajukan proposal usaha kepada instansi pemerintah atau pemilik modal lain, calon investor bisnis Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Untuk meyakinkan calon investor, Anda harus memiliki pencatatan laporan keuangan yang baik dan dapat dipercaya. Calon investor tentunya tidak mau uang yang disuntikkan ke bisnis Anda tidak jelas larinya ke mana.

Kemudian, perencanaan yang jelas dan realistis juga harus tertuang di dalam proposal Anda. Sang calon investor tentunya akan melihat bagaimana strategi bisnis Anda dan mau dibawa ke mana arah bisnis yang dijalankan. Jika semua itu jelas, calon investor tidak akan ragu untuk menyuntikkan dananya kepada Anda.

Sistem Bagi Hasil dengan Staf

Sistem bagi hasil dengan staf cocok bagi Anda yang ingin memulai bisnis, tapi kesulitan dalam permodalan. Langkah ini bisa dilakukan jika Anda merasa membayar karyawan Anda dengan nominal gaji yang kurang pantas.

Dengan sistem ini juga, dapat membuat staf jadi semakin semangat bekerja, karena tertarik hasil yang maksimal jika dia bekerja dengan maksimal. Efeknya, jika si karyawan bekerja dengan maksimal, usaha Anda juga kemungkinan besar akan terus bertumbuh.

Sistem Pre-order

Menjalankan sistem pra-pesan atau lebih dikenal dengan nama pre-order cocok dijalankan untuk Anda yang mengalami keterbatasan modal usaha. Sistem ini cocok untuk jenis bisnis yang cenderung dinamis dan tidak memiliki rantai distribusi yang panjang. Sistem pre-order saat ini banyak dilakukan oleh pelaku bisnis yang menjajakan produknya secara daring. 

Dengan sistem ini, konsumen sepakat untuk membayar penuh barang yang ia pesan, atau setengah dari harga penuh, dan dilunasi sisanya ketika barang sudah siap pada tanggal tertentu. 

Dengan sistem pre-order, modal yang didapatkan pelaku bisnis berasal langsung dari konsumen yang memesannya. Maka itu, ini juga menjadi salah satu langkah yang cocok digunakan untuk Anda yang mengalami keterbatasan modal usaha.

Mengajukan Pinjaman

Terakhir, solusi jitu untuk mengatasi keterbatasan modal usaha yang bisa Anda lakukan adalah mengajukan pinjaman. Saat ini, untuk meminjam uang guna modal usaha bisa dilakukan di beberapa tempat, mulai dari bank hingga platform fintech seperti peer-to-peer lending (P2P lending).

P2P lending saat ini menjadi platform yang populer dicari para pelaku bisnis atau UMKM saat membutuhkan pembiayaan. Pasalnya, P2P lending menawarkan beragam kemudahan dalam proses pengajuan pembiayaannya.

Tak perlu repot-repot, penerima pembiayaan bisa mendapatkan pinjamannya hanya dalam genggaman tangan. Selain prosesnya mudah, pencairan dana yang cepat juga menjadi alasan lain mengapa P2P lending menjadi platform populer pembiayaan usaha.

Jika Anda mengalami keterbatasan modal dalam menjalankan bisnis, dan membutuhkan pembiayaan untuk memastikan keberlangsungan usaha, maka Restock.id adalah jawabannya. 

Restock.id merupakan P2P lending pertama yang memudahkan pembiayaan UMKM dengan menggunakan aset dan inventori usaha sebagai jaminan, atau dikenal juga dengan sistem Inventory Financing. 

Tak cuma itu, proses pembiayaan di Restock.id juga sangat cepat, yakni hanya membutuhkan waktu 5 hari saja, setelah melewati seleksi ketat dari tim profesional. Biaya pembiayaan di Restock.id juga rendah mulai dari 1.25 persen hingga 3 persen per bulan tanpa biaya tersembunyi.

Lebih lanjut, hubungan antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan serta mitra gudang saling bersinergi, untuk bisa membuat perubahan nyata bagi bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *