fbpx

Strategi pemasaran merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan dalam sebuah usaha. Namun demikian, tak jarang para pelaku usaha kepentok budget alias anggaran saat ingin melakukan sejumlah strategi pemasaran.

Kendati begitu, bagi Anda para pelaku UMKM tak perlu khawatir. Anda tetap dapat melakukan strategi pemasaran, meski tidak memiliki budget yang besar.

Berikut ini adalah 5 strategi pemasaran dengan budget minim yang bisa dilakukan para pelaku bisnis. 

Program Referral

Salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk bisnis Anda adalah referral. Melalui program rujukan atau biasa dikenal dengan referral, maka artinya Anda tidak memasarkan produk Anda secara langsung. 

Justru pelanggan Anda lah yang memasarkan produk ke orang-orang terdekatnya. Dengan kata lain, Anda perlu memperkuat pengaruh words of mouth dari pelanggan. Menurut penelitian, seseorang empat kali lebih mungkin untuk membeli produk ketika produk tersebut dirujuk atau direferensikan oleh temannya. 

Anda bisa menawarkan program menarik seperti diskon pada pelanggan Anda saat ini, jika dia bisa membawa pelanggan baru melalui rujukan alias referral-nya. Jika Anda menyusun program referral ini secara cerdas, Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali.

Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

Sudah diketahui banyak orang bahwa media sosial saat ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk memasarkan produk usaha. Anda bisa memaksimalkan penggunaan media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Anda harus konsisten memasarkan produk melalui media sosial. Semakin konsisten dan banyak Anda melakukan pemasaran di medsos, maka semakin banyak pula calon pelanggan yang akan datang ke toko.

Selain itu, Anda juga bisa secara konsisten membuat konten yang menarik dan informatif di media sosial, supaya bisa menarik perhatian orang-orang.

Melalui media sosial juga, Anda bisa memasang iklan tentang produk Anda. Tak perlu khawatir, memasang iklan di media sosial bisa dilakukan dengan budget yang minim, lho. Selain itu, Anda juga bisa menargetkan sendiri kepada siapa produk Anda akan dipasarkan.

Bangun Hubungan dengan Media

Membangun dan menjalin hubungan dengan media cetak atau online juga bisa dilakukan untuk memasarkan produk Anda. Jika Anda memiliki seorang kenalan yang bekerja di media, maka Anda bisa memintanya untuk mengulas atau menerbitkan tulisan soal produk bisnis Anda. 

Rekan Anda mungkin tidak akan keberatan, karena dia juga memiliki target menulis artikel dalam sehari. Apalagi, jika Anda memiliki sesuatu yang layak diberitakan, seperti keunikan produk atau peluncuran produk baru, maka media akan dengan senang hati meliputnya.

Jika sudah memiliki hubungan yang baik dengan media, Anda bisa secara teratur mengirim siaran pers, jika ada sesuatu yang menarik dari bisnis Anda.

Forum dan Kelompok

Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak boleh menjadi seorang yang anti sosial alias ansos. Anda bisa bergabung ke forum-forum dan kelompok yang ada, misalnya di forum di media sosial.

Memperluas jaringan sosial juga bisa menjadi bekal dalam menjalani usaha. Semakin Anda terlibat dengan suatu komunitas, maka semakin besar kesempatan untuk mendapatkan target audiens.

Sponsori Kegiatan di Luar Bisnis

Anda bisa menjadikan usaha Anda sebagai sponsor bagi acara-acara di luar kegiatan bisnis. Misalnya, menjadi sponsor tim futsal kampus, menjadi sponsor acara-acara kampus dan sekolahan, hingga mensponsori kegiatan amal. 

Dengan demikian, selain nama bisnis Anda dikenal dan dapat nominal, Anda juga bisa memenangkan hati orang-orang. Perlu diperhatikan, bentuk sponsor yang diberikan tidak harus selalu uang. Anda bisa saja memberikan voucher diskon ataupun yang lainnya.

Itu dia tadi 5 strategi pemasaran yang bisa dilakukan dengan budget minim. Sebagai catatan, jika Anda ingin melakukan pemasaran bisnis dan kesulitan dalam hal budget, maka jangan khawatir karena ada Restock.id.

Restock.id merupakan platform P2P lending yang menawarkan banyak sekali kemudahan pembiayaan bagi pelaku bisnis dan UMKM. Restock.id merupakan P2P lending pertama yang memudahkan pembiayaan UMKM dengan menggunakan aset dan inventori usaha sebagai jaminan, atau dikenal juga dengan sistem Inventory Financing

Tak cuma itu, proses pembiayaan di Restock.id juga sangat cepat, yakni hanya membutuhkan waktu 5 hari saja, setelah melewati seleksi ketat dari tim profesional. Tarif pembiayaan di Restock.id juga rendah; biaya provisi mulai 2% – 3%, dan biaya margin mulai dari 1,25% – 2,5% perbulan* (*berdasarkan hasil analisa kredit internal Restock.id), tanpa biaya tersembunyi.

Lebih lanjut, hubungan antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan serta mitra gudang saling bersinergi, untuk bisa membuat perubahan nyata bagi bisnis Anda. Terakhir dan yang tak kalah penting, Restock.id sudah terdaftar, berizin dan diawasi oleh OJK, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keamanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *